Search This Blog

Wednesday, 18 March 2015

JAMU TRADISIONAL TEMU LAWAK


 JAMU TRADISIONAL TEMU LAWAK
Temu lawak bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita selain berolahraga. Beberapa manfaatnya diantaranya adalah sebagai berikut:
1. Menjaga Kesehatan Jantung
2. Menjaga Kesehatan Hati
3. Menjaga Kesehatan Ginjal
4. Menurunkan Lemak Pada Darah
5. Mengatasi Sakit Maag
6. Mengurangi Radang Sendi
7. Melancarkan Pencernaan
8. Mengatasi Kanker
9. Mengatasi Gangguan Ginjal

Jamu sudah sejak jaman nenek moyang kita sudah ada, termasuk temulawak banyak dimanfaatkan sebagai obat tradisional. Temulawak selama ini memang telah dikenal sebagai obat tradisional asli Indonesia yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.
Bagian Temulawak yang banyak dimanfaatkan adalah akar/rimpangnya. Akar inilah yang diolah menjadi jamu, cara pengolahannya juga berbeda-beda. 

Berikut ini merupakan manfaat dari tanaman temulawak yang baik untuk kesehatan dan penting, yuaitu:
1. Menjaga kesehatan hati
Temulawak sangat baik untuk menjaga ataupun memelihara kesehatan hati, dikarenakan ternyata temulawak mengandung katagoga. Katagoga bisa membantu hati untuk memproduksi empedu dan juga dapat memberikan rangsangan agar mengosongkan empedu.
2. Mengurangi radang sendi
Temulawak bisa  mengurangi radang sendi dikarenakan mengandung Kurkumin.
3. Menurunkan lemak darah
Manfaat temulawak selanjutnya yaitu temulawak dapat menurunkan lemak darah. Ekstrak temulawak dan juga fraksi kurkuminoid yang dihasilkan temulawak, ini bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol.

Jamu temulawak sudah banyak beredar di masyarakat, di toko obat, di tukang jamu gendong, atau juga yang sacet yang diproduksi pabrik. Jamu temu lawak merupakan warisan nenek moyang yang perlu kita jaga kelestariaanya baik resep maupun tanamannya itu sendiri sebagai bahan bakunya. Masih banyak fungsi dari tanaman obat temu lawak ini. Mari kita lestarikan, syukur-syukur kita mempunyai apotik hidup di lingkungan kita.

No comments:

Post a Comment

Popular Posts