JAMU SAKIT KEPALA

Jamu Euodia (Wu Ju Yu Tang)
Ramuan ini merupakan formula klasik yang sangat terkenal untuk mengobati sakit kepala akibat ketegangan. Resepnya sendiri banyak tertulis dalam sejumlah besar buku herbal tradisional China. Menurut buku-buku obat Cina, sakit kepala semacam ini berhubungan dengan gejala anemia dan sering kali dipicu oleh kondisi-kondisi klaustrofobia, tertama takut berada di tengah-tengah kumpulan banyak orang. Gangguan ini bisa juga merupakan gejala-gejala dari adanya kondisi-kondisi kronis lainnya, seperti tekanan darah tinggi dan masalah-masalah menstruasi.
Namun demikian, dalam beberapa kasus penyebab sebenarnya dari sakit kepala tersebut sulit untuk dilacak, dan bahkan sebagian besar orang yang menderita sakit kepala tegang ini malah kelihatannya sangat sehat. Buku obat herbal Cina merekomendasikan formula resep ini tidak hanya untuk menghilangkan gejala-gejala yang muncul dalam jangka pendek namun juga untuk penyembuhan dalam jangka panjang juga, meskipun pada kasus-kasus yang sulit disembuhkan mungkin membutuhkan 3-6 bulan terapi agar kondisinya bisa berangsur pulih.
Indikasi
Sakit kepala, dengan gejala-gejala seperti nyeri akut, tangan dan kaki terasa dingin, kehilangan selera makan, rasa mual, tegang pada leher dan bahu, dan/atau migrain.
Bahan Utama Ramuan :
3 gram Eudia rutaecarpa
2 gram ginseng
4 gram kurma Cina
4 gram jahe (segar)

Pengolahan dan dosis : untuk jamu seduh, dua dosis (pagi dan malam), diminum pada saat perut kosong.
Keterangan :
Para tabib Cina melarang pasien untuk mengonsumsi obat-obatan alopatis Barat yang biasa digunakan untuk menghilangkan sakit kepala. Hal ini karena sebagian besar dari obat-obatan itu mengandung kafein. Salah satu formula herbal resmi  yang terbaik untuk sakit kepala adalah Shiao Yao Wan ( Pil Pereda Bupleurum), yang juga sangat efektif untuk pusing, pandangan kabur, mata nyeri, demam akibat alergi, dan reaksi-reaksi alergi pada makanan.

Comments

Popular posts from this blog

Jamu Kunir Asem

RESEP OBAT SAKIT KEPALA